Siapkan Kontestasi Penyuluh Agama Islam Award Jatim, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso Lakukan Penilaian PAI dari 8 Kecamatan Terbaik

  • Bagikan

Kab. Bondowoso (Humas) Untuk pemilihan terbaik Penyuluh Agama Islam (PAI), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso melaksanakan kontestasi Penyuluh Agama Islam (PAI) Award. Rencana kegiatan ini, disosialisasikan dalam kegiatan Penyuluh Agama Islam Award yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso (23/02).

Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non PNS sebanyak 189 pegawai di 23 Kecamatan Se-Kabupaten Bondowoso, yang terdiri dari 184 PAI Non PNS dan 5 PAI yang berstatus PNS. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso Moh. Ali Masyhur, Kasi Bimais Astono, Ketua Paguyupan Penyuluh Agama Islam Bondowoso Fadil.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso Moh Ali masyhur, sangat berharap kepada seluruh Penyuluh Agama Islam di wilayah kerjanya untuk ditingkatkan kedisiplinan. Baik disiplin kehadiran, administrasi dan lain sebagainya. Ia juga meminta kepada Kasi Bimais untuk memberikan hukuman disiplin atau BAP kepada penyuluh yang tidak hadir pada kegiatan hari ini.

“Ini merupakan komando langsung dari Gus Menteri. Dimana salah satunya adalah pegawai baik PNS maupun Non PNS harus mengikuti 5 budaya kerja Kementerian Agama, yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan,” tegas pria kelahiran Bangkalan ini.

Selanjutnya Ali Masyhur dengan tegas menyampaikan bahwa, Penyuluh Agama Islam merupakan tokoh sentral dalam mengelola keberagaman yang menjadi rahmat dari Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, kalau ingin berubah menjadi pribadi lebih baik, ia mengutip qoul hikmah Professor Ridho, keinsyafan-mu itu cerminan dari sebesar keberuntunganmu. “Artinya, jika menginginkan perubahan besar, maka itu tergantung dari motivasimu sendiri,” jelas Kepala Kemenag Bondowoso.

Ali Masyhur juga berpesan, Penyuluh Agama Islam itu harus menguasai secara detail prosedur dan proses pendirian rumah ibadah. Selain itu, persoalan haji, baik layanannya, pelunasan, daftar tunggu, juga perlu diketahui. Sedangkan yang menjadi trending saat ini, wakaf yang dibidangi oleh Penyelenggara Syari’ah perlu disukseskan melalui percepatan sertifikasi wakaf dan sertifikasi produk halal.

“Perlu juga ditambah penguasaan terhadap layanan lainnya. Jadi Penyuluh Agama islam itu, tambah pintar dan alim. Layanan itu juga seperti pelayanan pendirian madrasah, pondok pesantren serta madrasah diniyah. Semua itu merupakan program kerja yang harus dituntaskan oleh kementerian agama,” urainya.

Kegiatan PAI, ditambahkannya, sebagaimana titipan Menteri Agama perlu terlibat dalam seluruh kegiatan Nahdlatul Ulama (NU) di manapun berada. Jadi, kegiatan Organisasi yang didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari , perlu didukung oleh seluruh komponen Kementerian Agama. “Kementerian Agama lahir tidak lepas dari upaya perjuangan Nahdlatul Ulama. Itu yang harus diingat,” tegasnya menirukan penyampaian Gus Men.

Sementara itu, Kasi Bimais Astono melaporkan bahwa kegiatan Sosialisasi Penyuluh Agama Award ini pertama kali dilaksanakan di Kemenag Kab. Bondowoso. Tujuannya adalah sebagai bentuk informasi dan sosialisasi bagi seluruh penyuluh tentang 8 bidang garapan Penyuluh Agama Islam. Dari 23 Kecamatan yang ada, akan diusulkan 8 Kecamatan terbaik. Mereka akan dipilih untuk bersaing pada kontestasi Penyuluh Award di tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Yang siap bersaing dari 8 KUA terbaik itu adalah KUA Tenggarang, Tegalampel, Wringin, Curahdami, KUA Kota, KUA Pujer, Tapen dan KUA Klabang. Mereka yang mendapat nilai baik, dan menjadi juara akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan dengan total Rp 1,5 juta. Dengan rincian, juara 1 mendapatkan hadiah Rp. 750 ribu. Juara 2 sebesar Rp. 500 ribu, dan Juara 3 sebesar Rp. 250 ribu,” rincinya. (egp, Roul, his)

Penulis: (rul, egp, his)Editor: his
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *