Siapkan Kedatangan Jamaah Haji, Kemenag Bondowoso Gandeng Pemkab dan KBIHU

  • Bagikan
Kasi PHU dan Kabag Kesra serta Perwakilan dari KBIHU

Kab. Bondowoso (Humas) – Proses Pemulangan jamaah haji Indonesia sudah mulai berdatangan di tanah air. Tidak terkecuali jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Bondowoso yang menurut jadwal dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya akan tiba pada tanggal 26-27 Juli nanti. Kemenag bondowoso melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) mengadakan pertemuan dengan melibatkan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) serta kepala KUA Kecamatan selaku penanggung jawab pada titik-titik lokasi penjemputan di Kecamatan se-Kabupaten Bondowoso.

Dalam sambutannya Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Suharyono menyampaikan bahwa dalam pertemuan ini akan banyak membahas tentang persiapan proses serta teknis pemulangan jamaah haji hingga jamaah sampai ke rumah masing dalam keadaan sehat dan aman.

“Kita sebagai perangkat pemerintah wajib dan harus mempersiapkan dengan matang segala sesuatunya berkaitan dengan penyambutan jamaah haji nanti. Mari kita bersinergi dalam forum ini untuk memaksimalkan kegiatan penyambutan jamaah nanti ”, Jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kristanto menyatakan yang menjadi fokus kegiatan ini adalah pemulangan kloter tambahan yang akan diterima di Pendopo oleh Bupati.

“Hal yang perlu diseriusi adalah keamanan di sekitar Pendopo Bupati. Jadi sebisa mungkin yang menjemput hanya keluarga inti dari jamaah haji yang datang,” tegas Kabag Kesra.

Tidak hanya itu dari KBIHU menyatakan siap mendukung Kemenag dan Pemkab untuk penyambutan jamaah haji pada titik-titik tertentu. Misalnya, di Masjid Agung At-Taqwa, Achmad Shodiq yang mewakili KBIHU At Taqwa menyatakan bahwa pengelolaan jamah haji memang menjadi tantangan, dikarenakan setiap tahun yang di layani adalah orang baru. Terlepas dari itu kita harus mencermati menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada, mulai pemberangkatan sampai pemulangan. KBIHU juga harus siap menerima keluhan apapun dari jamaah.

“Kami siap membantu dan mendukung Kemenag serta Pemerintah Daerah untuk menyambut para tamu Allah ini,” terang Haji Shodiq.

Pada akhir kegiatan Kasi PHU juga mengharap sinergitas para dinas terkait yang lebih baik lagi demi Jamaah Haji Bondowoso yang berkeadilan. “Saya berharap pertemuan ini akan lebih memantapkan niat kita demi melayani tamu Allah yang baru tiba di tanah air” pungkas Suharyono.(egp,his,rul)

Penulis: (rul, egp, his)Editor: egp
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *