Salurkan 4 Ton Beras Dari Zakat Profesi, Kepala Kemenag Berharap Mempererat Tali Persaudaraan Sesama Muslim.

  • Bagikan
Panitia pembagian zakat menyerahkan beras kepada abang becak. (foto: egp)

Kab. Bondowoso (Humas) – Zakat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah mampu membayar. Zakat sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah zakat profesi. Zakat profesi adalah zakat yang dibayarkan oleh seseorang yang memiliki penghasilan dari profesi atau pekerjaannya, baik itu gaji maupun pendapatan lainnya.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) hari ini Selasa (11/4) membagikan sebanyak 4 Ton  beras kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Kepala Kantor Kemenag Bondowoso, Moh. Ali Masyhur mengarahkan agar dapatnya panitia menyasar masyarakat sekitar yang kurang mampu serta abang becak di sekitar Kota Bondowoso.

Dalam 4 ton tersebut masing-masing penerima mendapatkan 5 Kg Beras Premium Super yang telah dikemas sesuai, sehingga didapatkan 800 peserta penerima zakat profesi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso ini. Adapun mekanisme pembagiannya pihak UPZ menggunakan sistem kupon yang dibagikan sehari sebelum pelaksanaan pembagian.

Panitia bersiap membagikan beras sebanyak 4 ton yang berasal dari zakat profesi ASN Kemenag Bondowoso. (Foto:egp)

Pembayaran zakat profesi memiliki aturan yang berbeda dengan zakat pada umumnya. Untuk zakat profesi, besaran zakat yang harus dibayarkan adalah 2,5% dari penghasilan yang diterima setelah dipotong biaya-biaya yang dikeluarkan untuk penghasilan tersebut.

“Dalam menghitung zakat profesi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, penghasilan yang dihitung adalah penghasilan bersih setelah dipotong biaya-biaya yang dikeluarkan. Kedua, hitunglah penghasilan selama satu tahun hijriyah, yaitu 12 bulan dalam kalender Hijriah. Ketiga, zakat profesi dibayarkan setelah terpenuhnya kebutuhan pokok selama satu tahun, seperti kebutuhan makan, pakaian, dan tempat tinggal”, tandas Agus Jaelani selaku ketua UPZ Kantor Kemenag Bondowoso.

“Zakat profesi memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat muslim. Dengan membayar zakat profesi, selain memenuhi kewajiban sebagai muslim, kita juga dapat membantu orang yang membutuhkan. Zakat profesi juga dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan memperkuat tali persaudaraan antar sesama muslim”, tegas Ali Masyhur.

Dalam Islam, zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang sudah mampu. Oleh karena itu, sebagai muslim yang taat, kita seharusnya tidak ragu dan malu untuk membayar zakat profesi. Semoga dengan membayar zakat profesi, kita dapat menjadi hamba yang lebih baik dan membantu sesama yang membutuhkan.(egp/rul/his)

 

Penulis: (rul, egp, his)Editor: his
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *