Petugas Haji Kabupaten Bondowoso Sangat Kompak dan Sigap dalam Menangani Jamaah

  • Bagikan
dr. Retno (Petugas TKHK Bondowoso) membantu jamaah haji lansia yang sulit makan. Foto : Tim Haji

Bondowoso (Humas)- Petugas Tenaga Kesehatan Haji Kabupaten (TKHK)  Kloter 57 dan 58 saling membantu dalam pelayanan maksimal haji. Dengan sigap, usai melaksanakan lempar jumroh mereka mengambil dan menstok obat-obatan ke Pos Kesehatan Mina.

Hal ini dilakukan, melihat kebutuhan obat yang mulai menipis. Langkah ini sebagai antisipasi untuk agenda besok, nafar tsani. Saling membantu dan menunjukkan kekompakan antar petugas ini sangat membantu dan memperingan pelayanan kesehatan haji, khususnya program prioritas pemerintah untuk lansia di tahun ini.

Tidak hanya kompak dalam pelayanan yang bersifat umum TKHK juga  sigap dalam menangani kondisi Kesehatan jamaah yang sakit. Hal itu dibuktikan dengan adanya Jamaah haji Bondowoso dari Sumber Wringin, Kloter 58 atas nama Pak Sujak kesehatannya makin membaik.

dr. Retno, TKHK Bondowoso menyampaikan kalau kesehatan Pak Sujak kian membaik. Sebelumnya, Pak Sujak kena heatstroke dan tidak bisa dirujuk karena ada kendala teknis. Sehingga setelah konsultasi dengan Petugas Emergency Medical Team (EMT) PPIH Arab Saudi, diminta untuk penatalaksanaan di tenda.

“Alhamdulillah, setelah dilakukan penatalaksanaan di tenda Mina selama 2×24 jam, kesehatannya makin membaik dan pulih”, ujarnya.

Pulihnya Pak Sujak, tambah dr. Retno, karena keridloan Allah SWT. Selain itu, semangat untuk sehat dari Pak Sujak juga merupakan faktor penunjang dari makin pulihnya kesehatannya. “Alhamdulillah Allah ridlo. Saling berjuang, Alhamdulillah Pak Sujak membaik,” Imbuhnya. Para petugas juga tidak segan untuk menyuapin jamaah yang sulit atau mengalami kendala kurangnya nafsu makan. “Alhamdulillah, saat kita suapin nafsu makan jamaah yang sakit malah lahap,” ujarnya tersenyum puas.

Visite kepada jamaah haji rutin dilakukan oleh tim TKHK Bondowoso. (Foto: Tim Haji)

H. Moh. Ali Masyhur Kepala Kemenag Bondowoso menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kompaknya kinerja tim baik dari TPHI, TPIHI, dan TKHK kabupaten Bondowoso secara daring kepada petugas, Kepala Kemenag kelahiran Bangkalan ini berpesan agar para petugas juga memperhatikan kesehatan mereka masing-masing mengingat kondisi cuaca di Arab Saudi yang ekstrim. (Tim Haji, egp, his, rul)

Penulis: (tim lipsus)Editor: his
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *