Peserta Didik MTsN 1 Bondowoso Sapa Kakanwil Melalui Kreativitas Seni

  • Bagikan

Bondowoso (MTsN 1) – Siswa – siswi MTsN 1 Bondowoso menampilkan suguhan yang menarik pada acara “Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso” oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram yang bertempat di Aula MAN Bondowoso  pada Senin (16/1).

Pada kegiatan pembinaan tersebut, beberapa madrasah menampilkan kreativitasnya dalam bidang seni dan budaya dengan bingkai moderasi beragama,  tidak sekedar unjuk kreativitas namun juga mengusung nilai-nilai luhur kebhinekaan global sebagai wujud dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatal Lil ‘alamin

Salah satu penampilan yang begitu memukau para hadirin adalah penampilan Grup “DALWAH” (Dynasty Ahlu Sunnah Wal Jamaah) MTs Negeri 1 Bondowoso. Grup music ini merupakan bagian dari moderasi beragama karena mengkolaborasikan alat music tradisional, modern dan islami, semisal hadrah, organ, gendang, kenong, gong, angklung dan alat music lainnya seirama dalam nada mempersembahkan lagu-lagu Islami diantaranya  Lir-Ilir, Perahu Layar yang dikemas dengan pembacaan sholawat Nabi dan puisi tetang kisah keteladaan Nabi Muhammad SAW.

Selain mengiringi lagu-lagu islami,  kreasi seni Mmusik DALWAH juga mengiringi penampilan seni pencak silat tradisional yang ditampilkan oleh Faniza Shavira, siswi MTsN 1 Bondowoso peraih medali perunggu pada Kejurnas Pamor tahun 2022 di Jakarta dan peraih medali Emas pada Kejuaraan Pencak Silat Jember National Championship I Tahun 2023.

Awalnya penampilan Ananda Fani telihat sedikit menegangkan di karenakan maju ke panggung kehormatan sambil memegang celurit,  namun setelah gerakan demi gerakan ditampilkan dengan sangat lincah, terlihat begitu indahnya seni pencak silat karena di samping memperlihatkan keberanian yang tercermin pada gerakannya juga poin seni yang terlihat indah .

Dari penampilan-penampilan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bondowoso, Ali Masyhur memberikan apresiasi yang sangat luar biasa sehingga menjadi penyemangat dan motivasi untuk lebih giat dalam berlatih.(his)

Penulis: (HIS)Editor: EGP
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *