Penghargaan Gemilang BKKBN Pusat, Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Bondowoso Menjadi Pengelola SSK Terbaik Jatim

  • Bagikan
Kepala Kemenag Bondowoso Moh. Ali Masyhur (tengah) usai menerima penghargaan pengelola Sekolah Siaga Kependudukan

Kab. Bondowoso (Humas)- Hari yang penuh bangga bagi masyarakat Bondowoso saat Madrasah dibawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai pengelola Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) terbaik di Jawa Timur. Penghargaan ini disematkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim sebagai pengakuan atas dedikasi serta prestasi luar biasa dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perencanaan keluarga dan manajemen kependudukan.
Rangkaian acara pemberian penghargaan yang berlangsung meriah di kegiatan Hari Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Timur ke-30 Tahun 2023. Mengusung tema Edukasi Cegah Stunting Bersama Kader ini dilaksanakan di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan, Jum ‘pada (28/07/2023).
Selain Edukasi Cegah Stunting Bersama Kader juga dilakukan launching Sekolah Orang Tua Hebat dan penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba ini mengundang berbagai kebahagiaan. Selain beberapa madrasah di Bondowoso, beberapa sekolah juga berhasil meraih penghargaan SSK terbaik pada berbagai tingkatan pendidikan. Di antaranya adalah MAN Bondowoso yang berjaya sebagai juara kedua pada kategori Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Sekolah Menengah atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA).
Sementara pada kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), keunggulan ditunjukkan oleh beberapa madrasah yang menonjol, di antaranya:
MTS At-Taqwa Bondowoso dengan bangga meraih juara pertama.
MTSN 4 Bondowoso berhasil menempati posisi juara kedua.
MTSN 2 Bondowoso berjaya sebagai juara ketiga.
Dan MTSN 1 Bondowoso menyandang gelar juara favorit.
“Keberhasilan yang diraih oleh sekolah-sekolah tersebut adalah buah dari kerja keras dan komitmen mereka dalam mengintegrasikan program SSK ke dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari. Peran aktif para siswa dan guru dalam mensosialisasikan perencanaan keluarga dan manajemen kependudukan menjadi kunci kesuksesan prestasi ini,” jelas mahasiswa yang menempuh program Doktoral di UIN Khas Jember ini.
Penghargaan ini tak hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bondowoso, tetapi juga menjadi kehormatan tersendiri bagi Jawa Timur. “Madrasah-madrasah di Bondowoso ini berhak mewakili provinsi dalam kompetisi tingkat nasional, dan harapan besar pun mengiringi perjalanan mereka menuju penghargaan lebih tinggi,” tambahnya.
Tidak lupa, acara penghargaan ini turut dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan tokoh-tokoh penting di Kabupaten Bondowoso. Kepala Kemenag Bondowoso, Moh. Ali Masyhur, hadir untuk memberikan dukungan dan mengucapkan selamat atas prestasi gemilang ini. Kehadiran penuh semangat juga ditunjukkan oleh Kepala Dinas Sosial P3AKB Bondowoso, Anisatul Hamidah, serta Kasi Pendma, Samson Hidayat, yang telah memberikan kontribusi berarti dalam upaya penurunan angka stunting di Bondowoso.


Khusus untuk penghargaan terkait penurunan angka stunting, peran serta dan usaha nyata dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso, melalui Kepala Dinas Sosial P3AKB, Anisatul Hamidah, telah memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Prestasi ini semakin meneguhkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan berdaya guna bagi pertumbuhan generasi penerus.
Tak ada kata lain selain ucapan selamat yang tulus untuk Kemenag Bondowoso dan madrasah-madrasah yang meraih penghargaan SSK terbaik ini. Semoga keberhasilan ini semakin menginspirasi semua pihak untuk terus berperan aktif dalam mencerdaskan dan mengelola kependudukan dengan bijaksana. “Selamat berjuang untuk perwakilan Jawa Timur pada tingkat nasional,” tandas Ali Masyhur.(Egp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *