MTsN 4 Bondowoso Raih Penghargaan Adiwiyata sebagai Sekolah Peduli Lingkungan

  • Bagikan
Kepala MTsN 4 Bondowoso saat menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup (4/9). (Foto:egp)

Bondowoso (Humas)- Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bondowoso meraih prestasi luar biasa dengan meraih penghargaan Adiwiyata Provinsi Jawa Timur dalam pengelolaan lingkungan. Prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggaan sekolah ini, tetapi juga merupakan pencapaian yang membanggakan bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso.

Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bondowoso dalam mengelola lingkungan sekitar sekolah. Beberapa indikator yang dinilai dalam penghargaan Adiwiyata ini meliputi pengelolaan sampah, upaya penanaman pohon, dan kegiatan melestarikan alam. Namun, yang paling menantang adalah menanamkan karakter peduli terhadap lingkungan kepada seluruh keluarga besar Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bondowoso.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri4 Bondowoso telah mengambil langkah konkret dengan mengintegrasikan mata pelajaran dan kegiatan siswa yang berkaitan dengan Adiwiyata. Upaya ini telah dilakukan sejak tahun 2020, dan pada tahun 2021 sekolah ini meraih penghargaan tingkat kabupaten. Meskipun pada tahun 2022 gagal di tingkat provinsi, namun pada tahun 2023, Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bondowoso berhasil memperoleh penghargaan Adiwiyata dan menjadi satu-satunya madrasah/sekolah yang memperoleh penghargaan Adiwiyata di Bondowoso.

Erna Pramantika, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri4 Bondowoso, menyatakan, “InsyaAllah, tahun 2024 kita akan mengikuti kompetisi Adiwiyata tingkat nasional. Alhamdulillah, kita mendapat penghargaan dari Ibu Gubernur.” Prestasi ini adalah bukti nyata komitmen Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bondowoso dalam melestarikan lingkungan dan mengajarkan siswa untuk peduli terhadap alam sekitar.

Kepala Kemenag Bondowoso, Moh. Ali Masyhur, juga mengapresiasi tinggi prestasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bondowoso. Ia menyatakan, “Alhamdulillah, saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada MTsN 4 yang menjadi satu-satunya sekolah/madrasah di Bondowoso yang meraih penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi Jawa Timur ini. Semoga prestasi ini menjadi contoh dan diikuti oleh madrasah lain di lingkungan Kemenag Kabupaten Bondowoso.” Dengan pencapaian ini, Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bondowoso telah membuktikan bahwa pendidikan dan pelestarian lingkungan dapat berjalan seiring untuk menciptakan generasi yang peduli terhadap bumi ini.(egp,his)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *