Maulid Nabi Muhammad SAW: DWP Kemenag Bondowoso Menghias Ancak, Tradisi Membara Kembali.

  • Bagikan
Kepala Kemenag Bondowoso, Moh. Ali Masyhur bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Indah Ali Masyhur menyerahkan hadiah kepada pemenang juara I dalam Lomba Menghias Ancak. (Foto: egp)

Bondowoso, (Humas)- Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bondowoso menggelar lomba menghias Ancak. Lomba ini menjadi salah satu langkah awal untuk mempertahankan dan menghidupkan kembali tradisi yang mulai pudar, yakni menghias Ancak sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Lomba menghias Ancak ini diikuti oleh satuan kerja MAN, MTsN, dan MIN Kantor Urusan Agama (KUA) dan Pengawas Madrasah dengan total 16 kelompok peserta. Mereka mempercantik Ancak dengan beragam motif dan bentuk, seperti tumpeng, masjid, dan bahkan bentuk burung. Tak hanya itu, variasi nasi yang digunakan pun beragam, mulai dari nasi putih, kuning, nasi lemak, hingga nasi buchori.

Antusiasme peserta terlihat dari kostum mereka yang mengenakan baju bernuansa putih, mencerminkan kebersihan dan kesucian. Setelah selesai menghias Ancak, dilanjutkan dengan proses penilaian yang dilakukan oleh tim independen serta jajaran pengurus harian Dharma Wanita Persatuan.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa ada tiga pemenang utama dalam lomba ini. Juara pertama diraih oleh MAN Bondowoso, juara kedua ditempati oleh MIN 2 Bondowoso, dan juara ketiga diberikan kepada seorang ibu pengawas madrasah.

Kepala Kemenag Bondowoso, Moh. Ali Masyhur, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia sangat senang melihat kembali tradisi yang telah lama pudar dihidupkan kembali oleh para pegawai Kemenag Bondowoso.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi adanya kegiatan ini sebagai langkah awal dari menjaga tradisi yang mulai pudar,” ujar Moh. Ali Masyhur. “Dulu, waktu saya kecil, setiap Maulid Nabi seperti ini membawa Ancak yang isinya 80% buah, yang pada akhirnya menjadi rebutan.”

Kepala Kemenag juga mengharapkan bahwa lomba ini tidak hanya menghadirkan keseruan semata, tetapi juga menjadi ajang untuk mencontoh akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup, terutama bagi mereka yang berada dalam lingkungan kantor.

Setelah sambutan dari Kepala Kemenag, acara dilanjutkan dengan pembacaan sholawat Diba’ dan Qiyam oleh Wakil Ketua DWP Kemenag Bondowoso, serta tausyiah dan doa yang disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam, KH. Mochammad Noer Fauzan. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini menjadi momen berharga yang mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan keimanan para pegawai Kemenag Bondowoso.(egp)

Penulis: (egp)Editor: his
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *