Kemenag Bondowoso Salurkan Donasi Kepada Warga Terdampak Banjir Bandang Ijen

  • Bagikan

Bondowoso (Humas)- Hujan deras beberapa hari di Kecamatan Ijen, Bondowoso, menyebabkan banjir bandang. Desa Kalisat, menjadi daerah yang terparah akibat kiriman air bah tersebut. Dari video yang beredar, terlihat banjir bandang membawa material lumpur. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 18.25. Banjir datang dari arah area Ijen setelah hujan dengan durasi waktu yang cukup lama mengguyur kawasan setempat.

Mendengar dan melihat kabar banjir bandang di Ijen, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso meninjau langsung lokasi banjir bandang. Moh. Ali Masyhur, Kepala Kemenag Bondowoso juga menyampaikan kondisi terkini di sekitar lokasi banjir, bahwa akibat banjir bandang saat ini yang paling memprihatinkan terjadi di Desa Kalisat.

“Desa Kalisat sangat parah terkena banjir bandang. Beberapa bangunan kena dampak dari banjir ini. Kondisi parah ini perlu mendapat perhatian khusus,” jelas Kepala Kemenag Bondowoso.

Dari beberapa rumah yang kena banjir, salah satunya terdapat rumah dari keluarga besar Kementerian Agama yang terdampak. Bertepatan, rumah itu adalah milik dari Sudianto, Penyuluh Agama Non PNS di wilayah kerja Kecamatan Sempol.

“Rumah Sudianto, Penyuluh Agama Non PNS dan Sukardi Staf KUA Sempol, juga terdampak banjir,” urainya.

Volume air yang bercampur tanah lumpur dan bongkahan kayu, ternyata tidak seluruhnya merusak bangunan. Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sempol, tampak aman dan dalam kondisi baik. “Kondisi halaman dan kondisi dalam Kantor KUA Sempol tampak aman-aman saja. Banjir hanya melewati kanan kiri samping KUA. Alhamdulillah masih diberi perlindungan Allah SWT,” jelasnya.

Melihat kondisi memperihatinkan di Ijen, Kepala Kantor Alumnus IAIN Sunan Ampel ini menghimbau untuk berempati dan bersimpati kepada para korban yang terdampak banjir. Ia juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk menyalurkan donasi atau bantuan langsung kepada warga terdampak. Hal itu langsung ditindaklanjuti oleh Plt. Kasubbag Tata Usaha dan Para Kepala Seksi (Kasi) yang di wakili Kasi PAIS Tofan Hidayat dan Kasi Pendma Ibrahim, meninjau lokasi serta menyalurkan bantuan dana kepada para korban.

Menurut Astono, di Desa Sempol ada 10 Kepala Keluarga yang kena banjir. Sedangkan di Kalisat Dusun Kampung baru ada 50 Kepala Keluarga yang juga  terdampak banjir serta 10 rumah hancur. Sementara itu, BPBD Bondowoso sampai saat ini masih berupaya keras melakukan penanganan di semua lokasi terdampak.(egp, his, roel)

Penulis: (rul, egp, his)Editor: his
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *