Kankemenag Kabupaten Bondowoso Diseminasi Moderasi Beragama

  • Bagikan

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso melaksanakan kegiatan Diseminasi Moderasi Beragama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kankemenag Kabupaten Bondowoso Senin (28/6).

Kegiatan bertempat di Aula Kantor yang menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat ini, mengingat Kabupaten Bondowoso termasuk wilayah resiko sedang (Zona Oranye) peserta dibatasi hanya Kepala Kantor Kemenag, H. Solihul Kirom didampingi Urusan Pegawai, Hijrah Saputra serta beberapa ASN.

Selanjutnya, Kepala Kantor dan peserta kegiatan mengikuti Zoom Meeting bersama Pusdiklat Teknis berkaitan dengan kegiatan Moderasi Beragama.

Mengutip Buku Saku Moderasi Beragama “Moderasi beragama adalah cara beragama jalan tengah sesuai pengertian moderasi yaitu jalan tengah atau yang terbaik.”
Dengan moderasi beragama, seseorang tidak ekstrem dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani ajaran agamanya. Orang yang mempraktekkannya disebut moderat.

Makna moderasi beragama penting untuk dipahami umat beragama sebagai esensi agama dan menjadi sebuah keniscayaan dalam konteks masyarakat yang plural dan multikultural seperti Indonesia

Dan Muara Moderasi beragama adalah demi terciptanya kerukunan intra dan antar umat beragama. Tidak ada agama yang mengajarkan ekstremitas tapi tidak sedikit orang yang memahami dan menjalankan ajaran agamanya secara ekstrem.

Moderasi beragama bukan memoderasi ajaran agama. Tetapi memoderasi pemahaman dan pengamalan umat beragama dari sikap ekstrem.

Diharapkan seluruh jajaran ASN Kankemenag  khususnya para penyuluh agama maupun KUA agar dapat mempelajarinya dari Buku Moderasi Beragama dan Buku Saku Moderasi Beragama yang telah dibagikan berupa file Pdf. Setidaknya menjadi pedoman saat berinteraksi dengan masyarakat sekitar. (Mengutip dari pemateri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *