Hari Pertama Masuk Kerja, Kepala Kemenag Bondowoso Kumpulkan Pejabat dan ASN

  • Bagikan

Kab. Bondowoso (Kemenag) – Saling memaafkan. Hari pertama masuk kerja, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso langsung mengadakan pertemuan di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Bondowoso (26/04). Dalam momentum ini, Pimpinan dan para pejabat beserta pengawas dan ASN di lingkungan Kantor Kemenag Bondowoso menjadikan ajang saling maaf bermaafan.

Dalam sambutan awal masuk ini, Kepala Kantor Kemenag Kab. Bondowoso H. Moh. Ali Masyhur mengucapkan permohonan maafnya atas kesalahan yang selama ini diperbuat baik sengaja maupun tidak di sengaja. Bahkan, pria kelahiran Madura ini mengatakan sebenarnya yang banyak salah itu adalah pejabatnya. Karena seringkali pimpinan membuat kebijakan yang mungkin tidak sesuai harapan bawahan.

“Pejabat itu banyak salahnya. Kebijakan yang dibuat seringkali merepotkan. Untuk itu, di bulan Syawal ini saya mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal kita diterima Allah SWT,” jelas Kepala.

Selanjutnya, Kepala mengingatkan agar dalam sepekan ini kegiatan halal bi halal dengan acara makan bersama, untuk sementara ditunda. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Menpan RB yang menghimbau tidak melakukan acara makan bersama, dan ditunda selama sepekan.

“Jadi aktifitas kantor yang melaksanakan halal bi halal dengan mengundang makan bersama agar ditunda dalam sepekan ini. Mohon kebijakan ini disikapi dengan baik. Sesuai dengan aturan, mari kita patuhi bersama,” tegasnya.

Terkait dengan cuti tambahan, Kepala Kemenag menjelaskan bahwa cuti tambahan bagi yang masih mudik diperbolehkan sesuai Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemenag Nomor: SE, 13 Tahun 2023. Untuk yang mengajukan cuti tahunan untuk segera memberitahukan kepada Pimpinan di wilayah kerjanya.

“Cuti itu ada maksud dan tujuannya. Salahsatunya untuk mengurangi kepadatan saat mudik. Tujuan utama pemerintah itu adalah memberikan pelayanan. Terkait perpanjangan cuti, dalam proses akan diberikan. Mohon ASN untuk mematuhi aturan ini,” imbuhnya.

Bagaimana dengan ASN yang sudah di Bondowoso? Moh. Ali Masyhur menjelaskan bahwa ASN yang mengajukan Cuti Tahunan tambahan, sebagai Kepala Kemenag, tidak akan memberikan cuti. “Di Bondowoso tidak ada macet. Karena SE itu tujuannya menghindari kepadatan macet saat mudik, maka yang sudah sampai di Bondowoso dapat mengajukan cuti sesuai dengan surat edaran larangan cuti. Boleh cuti dengan kondisi khusus,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Bondowoso juga mengingatkan pesan Gus Men terkait dengan Kementerian Agama. Sebagaimana saat dirinya bersilaturrahim ke rumah Gus Men beserta 38 Kepala Kemenag Kab/Ko se-Jawa Timur, Gus Men menyampaikan pesan dengan meminta tolong untuk Kementerian Agama. Yang pertama, disiplin. Kedua, inovasi tiada henti. Ketiga, Soliditas antar warga Kemenag. Keempat, Loyalitas kepada pimpinan.

“Disiplin pegawai harus terus dijaga. Sedangkan loyalitas kepada pimpinan, tetap dalam satu komando dan satu barisan,” jelasnya.

Sementara itu, Astono Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) menambahkan terkait kedisiplinan pegawai. Terhitung mulai hari ini, seluruh ASN ketika adzan berkumandang, seluruh layanan dan pekerjaan dihentikan untuk segera melaksanakan sholat berjamaah. Sedangkan untuk larangan merokok di ruangan, segera akan dilaksanakan. “Insya Allah di bulan Mei, ruang khusus untuk merokok akan ada ruangan tersendiri bagi yang merokok. Dalam waktu dekat ini, kita masih fokus pada penyelesaian dan menanggapi kritikan-kritikan dari luar. Semoga dalam waktu dekat segera tuntas,” ungkap Kasubbag TU (Egp, Roul, his)

Penulis: (rul, egp, his)Editor: egp
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *