Gerak Cepat, Kemenag Bondowoso Tindak Lanjuti Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas Pejabat Tingkat Kabupaten

  • Bagikan
Pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Bondowoso sedang menandatangani perjanjian kinerja dan pakta integritas. (foto: Dani)

Bondowoso (Inmas)- Sehari setelah seremoni penyerahan dan penandatanganan Perjanjian Kinerja, Pakta Integritas, dan penyampaian dokumen DIPA Tahun Anggaran 2024 oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur pada tanggal 8 Januari kemarin, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso bergerak cepat dengan kegiatan serupa. Mereka mengumpulkan para pejabat di Kementerian Agama, satuan kerja Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Bondowoso, serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Aula Al-Ikhlas KUA Kecamatan Bondowoso (09/01).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso Moh. Ali Masyhur menyampaikan bahwa kegiatan di pagi hari ini merupakan rutinitas di awal tahun. Kendati setiap tahun dilakukan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas kinerja pegawai lebih efektif, efisien dan optimal.

“Kita menginginkan di tahun ini ada evaluasi dan percepatan realisasi anggaran. Dengan evaluasi tersebut, kita dapat bekerja untuk mengambil langkah yang lebih strategis bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso,” ujar pria yang menempuh pendidikan Doktoral ini.

Di momen ini pula, Kepala Kankemenag Bondowoso menerangkan bahwa Kantor Kemenag Bondowoso memulai pembangunan 3 gedung SBSN. Pertama, pembangunan KUA yang direncanakan dibangun untuk gedung KUA Tamanan. Kedua, pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT). Dan Ketiga, pembangunan gedung Madrasah di MAN Bondowoso.

“Alhamdulillah di tahun ini kita menerima tiga pembangunan gedung sekaligus. Sesuai dengan konsultasi kepada Dinas Perumahan dan Permukiman Bondowoso, telah ditentukan lokasi dan bentuk bangunan gedungnya. Insya Allah gedung tersebut sangat bermanfaat bagi pelayanan agama kepada masyarakat Bondowoso. Karena gedung itu didesign dengan gedung terbaru dan modern,” ungkapnya.

Sementara itu, Astono dalam sambutannya sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha emnyampaikan bahwa penandatanganan kinerja dan Pakta Integritas ini merupakan berntuk dari komitmen dan tanggungjawabnya dalam memenuhi amanah yang telah diberikan Kepala Kantor Kementerian Agama Bondowoso kepada dirinya. Salahsatu amanah yang masih menjadi perhatian dan belum tercapai sempurna, menyangkut kedisiplinan pegawai. Di tahun 2023, kita mengevaluasi seluruh pegawai untuk memberikan contoh dan teladan yang baik. Menginjak tahun 2024, perubahan pengawasan kedisiplinan pegawai sudah diserahkan kepada masing-masing koordinator di lembaganya. Kepala Madrasah, Kepala KUA dan Koordinator ruangan, akan ditegur bila ada karyawannya tidak memenuhi kriteria kedisiplinan pegawai.

“Tahun ini, dimulai tahun 2024, kita harus berbenah. Saya akui, terkait disiplin pegawai, saya masih ada kelemahan dan kesalahan. Contohnya sekarang ini, ada Kepala KUA yang tidak hadir dan tidak ijin kepada saya pada acara penting ini. Seharusnya, di tahun 2024 sudah tidak ada lagi. Dan ini perlu saya evaluasi,” tegasnya.

Sementara itu, pria kelahiran asli Bondowoso ini menjelaskan bahwa kerja keras tidak membohongi hasil. Dengan kerja keras dan Kerjasama antara Kepala KUA, staf dan Kemenag, KUA Bondowoso telah menjadi KUA digital yang modern dan bagus. Bahkan, saat lomba, staf KUA Bondowoso ikut berpartisipasi dan lembur beserta staf dan Kepala KUA lainnya.

“Semoga KUA Bondowoso dinobatkan menjadi KUA digital terbaik nomor satu se-Jawa Timur. Dengan ini kita akan dapat melihat dan membuktikan bahwa perubahan dapat di mulai dari Bondowoso,” harapnya. Selain itu, ia juga mengungkapkan kalau di tahun 2024 ini pertama kalinya Bondowoso memperoleh tiga gedung SBSN. “Di masa kepemimpinan Bapak Kepala (Ali Masyur-red) baru tahun ini memperoleh tiga SBSN PLHUT, Madrasah dan KUA. Ini berkat usaha pimpinan,” terangnya.(his)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *