Bupati dan Kepala Kemenag Bondowoso Lepas 711 JCH Dini Hari

  • Bagikan
Kepala Kemenag memberikan sambutan saat pelepasan Jamaah Calon Haji di Pendopo Bupati (Foto: Roul)

Bondowoso (Humas)- Perjalanan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Bondowoso menuju tanah suci dimulai (13/6) pukul 02.00 WIB dini hari. Jamaah yang terbagi dalam 2 kloter ini merupakan jamaah yang berasal dari 23 kecamatan yang ada di Bondowoso. 2 Kloter tersebut antara lain kloter 57 (campuran dengan Kab. Jember). Terpantau sejak pukul  00.00 WIB bus yang membawa jamaah dari beberapa titik pemberangkatan ditingkat Kecamatan telah mamasuki area steril sebelah timur Pendopo Bupati.

Kegiatan pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) ini dihadiri oleh segenap pejabat yang tergabung dalam Forkompimda Kabupaten Bondowoso serta pejabat dilingkungan Pemkab dan Kemenag. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso, Moh. Ali Masyhur tiba di pendopo sekitar pukul 00.00 WIB, didampingi Kasubbag beserta Kasi di jajaran Kemenag.

Dalam sambutannya Kepala Kemenag memparkan bahwa Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bondowoso yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya tahun 1444 H/ 2023 M berjumlah 711 JCH dengan rincian 261 JCH kloter 57 dengan didampingi 2 petugas TPHD DAN 441 JCH kloter 58 didampingi 5 petugas kloter dan 3 petugas TPHD.sehingga Jumlah Keseluruhan 711 JCH. rincian 5 petugas kloter yang terdiri dari 1 orang ketua kloter (TPHI) atas nama Suyitno 1 orang pembimbing ibadah (TPIHI) atas nama KH. Moh. Noer Fauzan, , 1 orang dokter kloter atas nama dr. Retno Warasati dan 2 orang paramedis yaitu Rini Ekowati dan M. Nur Hasyim.

Kepala kemenag kelahiran Bangkalan itu juga menyampaikan berita duka jika salah satu jamaah calon haji Bondowoso meninggal sebelum berangkat karena sakit, serta 1 orang jamaah berikutnya tertunda karena system. “Jamaah calon haji yang berangkat untuk usia jamaah tertua berusia 93 tahun dan termuda 19 tahun,” lanjutnya.

Ali Masyur menambahkan tentang jadwal keberangkatan dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya menuju Arab Saudi akan dilaksanakan hari Rabu pukul 11.10 dengan pesawat Saudi Arabia Airlines, pada penghujung sambutannya mahasiswa Program Doktoral UIN KHAS Jember ini menyampaikan beberapa pesan pribadi diantaranya, jaga kekompakan dan kerjasama yang baik antar sesama jamaah dan antara jamaah dengan petugas serta antar sesama petugas; jaga kesehatan, terutama menjelang puncak haji wukuf di arafah, muzdalifah dan mina; utamakan ibadah wajib dari pada ibadah sunnah; utamakan syahnya ibadah dari pada hal-hal yang bersifat afdlaliyyah;

“Patuhi aturan-aturan, baik yang diatur oleh pemerintah kita ataupun pemerintah arab saudi dan jaga nama baik negara,” tegasnya.

Tepat pukul 02.00 bupati KH. Salwa Arifin melepas seluruh jamaah calon haji dengan diawali beberapa pesan. Senada dengan kepala kemenag Bupati salwa menyampaikan agar jamaah senentiasa menjaga Kesehatan serta mendahulukan hal-hal wajib dari pelaksanaan ibadah haji itu.(egp, his)

Penulis: (rul, egp, his)Editor: egp
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *