24 Peserta Calon Petugas PPIH Kloter Dan PPIH Arab Saudi Kemenag Bondowoso Siap Berkompetisi

  • Bagikan

Bondowoso (inmas), Tes seleksi petugas haji PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 2023 M / 1444 H digelar. Sebanyak 24 orang calon petugas haji mengikuti tes selesksi dengan sistem CAT. Mereka dikumpulkan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso (25/01).

Sebelum pelaksanaan CAT dimulai, kegiatan ini dibuka oleh PLT. Kasubbag TU Astono, didampingi Petugas Monitoring dari Kanwil Kemenag Prov. Jatim Arofah Hadi Cahyadi dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Suharyono.

Dalam sambutannya, Kasubbag TU Astono menyampaikan ucapan selamat kepada calon petugas haji yang telah lulus mengikuti seleksi administrasi dan dinyatakan telah lulus seleksi administrasi. Dalam tahapan pertama para calon petugas boleh berbangga karena lulus dan dapat menempuh tahapan yang kedua.

“Saya ucapkan selamat untuk berkompetisi untuk memperebutkan kuota selanjutnya. Kalian boleh berbangga karena dari 27 orang pendaftar, 25 dinyatakan lulus dan 2 calon petugas dinyatakan gugur karena tidak lolos seleksi administrasi,” ujar pria alumni UIN Khas Jember ini.

Tahapan berikutnya, imbuh Astono, yang perlu diperhatikan dan lebih fokus lagi adalah tes kompetensi dengan sistem CAT ini. Sistem CAT ini akan melihat kemampuan calon petugas dalam melihat pertanyaan dan persoalan yang ada khususnya terkait sebagai petugas.

“Yang telah mengerjakan system CAT secara online ini akan dapat mengetahui secara langsung hasil jawaban dari pertanyaan yang dapat anda jawab,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi PHU Suharyono menyatakan bahwa peserta calon petugas haji ini yang tidak hadir satu orang. Pendaftar calon PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi berjumlah 27 orang. 25 lolos seleksi admnistrasi, sedang 2 tidak lolos administrasi.

“Berdasarkan rincian yang mendaftar. Petugas Bimbingan Ibadah 3 orang, Ketua Kloter 8 orang, Pelayanan Akomodasi 6 orang, Pelayanan Konsumsi 4 orang, Pembimbing Ibadah Kloter 4 orang,” rinci Suharyono.

Sementara itu, Petugas Monitoring dari Kanwil Kemenag Prov. Jatim Arofah adi Cahyadi menjelaskan mekanisme dalam pelaksanaan seleksi komptensi petugas PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi dengan system CAT. Dikatakannya, pelaksanaan CAT akan diberikan waktu kepada seluruh peserta selama 90 menit. Peserta boleh mengerjakan soal mulai pukul 09.00 – 10.30 WIB. “Pengerjaan soal dilakukan serentak. Jadi pergunakan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal-soal dengan system CAT ini,” himbaunya.

Sekedar diketahui, tata tertib telah diberikan sebelum pelaksanaan. Adapun petunjuk teknis seleksi PPIH kabupaten tahun 2023 M /1444 H sebagai berikut: a) Tidak diperkenankan menggunakan laptop walaupun laptop berbasis android; b) Tidak diperkenankan membawa HP cadangan; c) Tidak diperkenankan membawa buku/catatan lainnya; d: Tidak diperkenankan membuka aplikasi lain (seperti google, yahoo, dls) selain  aplikasi CAT; e) Tidak bertanya selama ujian berlangsung selain kepada panitia; f) Untuk buku dan tas agar di taruh diatas meja yang disediakan panitia.

“Kita tidak ingin ada peserta yang didiskualifikasi. Jadi ikuti dan patuhi tata tertib yang ada. Selain dimonitoring dari Kanwil Prov. Jatim, peserta juga dipantau dengan zoom meeting langsung dari pusat.” himbau alumni UIN Sunan Ampel ini.(egp, his,rul)

Penulis: (rul, egp, his)Editor: EGP
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *