Kemenag Bondowoso Beri Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun Pada 380 JCH estimasi pemberangkatan 2024

  • Bagikan
Kepala Kemenag Moh. Ali Masyhur pada saat pembukaan kegiatan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Aula MAN Bondowoso (19/8). (Foto : Dani)

Bondowoso (Humas)- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso mengadakan Kegiatan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun (19/8) yang melibatkan undangan sebanyak 380 jamaah calon haji Bondowoso, dengan estimasi pemberangkatan tahun 2024. Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan jamaah calon haji menjelang perjalanan ibadah suci tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag, Moh. Ali Masyhur, menyampaikan rasa syukur dan antusiasme atas kehadiran para jamaah calon haji. Ia mengakui perjalanan yang panjang bagi jamaah calon haji dalam menanti giliran setelah proses pendaftaran. “Kini, para undangan adalah jamaah calon haji yang berdasarkan estimasi akan berangkat pada tahun 2024. Semoga usaha semua pihak mendapatkan ridho Allah,” ungkapnya. Namun, ia juga mengingatkan bahwa estimasi ini hanyalah perkiraan dan bukan suatu kepastian.

Kepala Kemenag menjelaskan pentingnya penyuluhan manasik haji ini. Menurutnya, persiapan data jamaah harus dilakukan secara optimal, termasuk data kependudukan dan data kesehatan. “Kami sangat mengapresiasi kerjasama antara seksi haji dengan dinas kependudukan yang telah berjalan dengan baik. Saya berharap masalah data yang ada selama bertahun-tahun dapat diatasi dengan baik,” ucapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MAN Bondowoso ini menjadi langkah awal yang penting dalam mempersiapkan jamaah calon haji. Dengan adanya informasi dan pemahaman yang tepat mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji, para jamaah akan lebih siap secara mental dan fisik untuk menjalani perjalanan yang sakral ini. Selain itu, upaya untuk memperbaiki dan memastikan kelengkapan data juga diharapkan dapat mengoptimalkan pengalaman jamaah selama menjalani rangkaian ibadah haji.

Dalam penyuluhan ini Kemenag Bondowoso juga menghadirkan 2 (dua) orang narasumber kunci yaitu KH. Imam Barmawi Burhan (Tokoh Masyarakat) dan H. Mudassir, pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) untuk memberikan gambaran serta pemahaman lebih kepada jamaah calon haji ini.

Kegiatan penyuluhan manasik haji ini juga mencerminkan komitmen Kantor Kemenag Kabupaten Bondowoso dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah calon haji. Dengan upaya yang terus ditingkatkan, diharapkan perjalanan ibadah haji para jamaah akan berjalan dengan lancar dan bermakna.(egp)

Penulis: (egp)Editor: his
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *